Tenang Tapi Waspada Hadapi COVID-19


Hai kawan… Bagaimana kabarmu saat ini? Aku berharap kalian semua dalam keadaan sehat-sehat ya… Akhir-akhir ini kita dilanda kecemasan oleh berita tentang wabah COVID-19 yang terus menyebar. Meluasnya virus yang pertama kali ditemukan kasusnya di Wuhan China Desember 2019 itu telah membuat warga dunia termasuk Indonesia membuat resah dan ketakutan.

Pemerintah juga sudah berupaya untuk mengantisipasi meluasnya COVID-19 ini. Diantaranya dengan menunjuk beberapa rumah sakit sebagai rujukan apabila ada masyarakat yang diduga terkena COVID-19. Dan juga memberikan fasilitas layanan kesehatan seperti puskesmas, sebagai penanganan pertama. Selain itu pemerintah juga menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk menjaga kebersihan, dan juga mengurangi aktifitas yang melibatkan banyak orang, apalagi pergi ke luar kota atau keluar negeri.
sumber foto kemenkes RI


Gejala COVID-19

Jadi, jika memiliki gejala COVID-19 seperti demam tinggi, batuk, sakit tenggorokan, dan sesak nafas, adalah lebih baik segera pergi ke puskesmas atau rumah sakit, sehingga bisa segera dideteksi, dan apabila diduga terkena COVID-19 ini, maka akan segera dirujuk ke rumah sakit khusus yang telah ditunjuk.
  

Cara Mencegah Penyebaran COVID-19

Pencegahan bisa dimulai dari diri sendiri yaitu menjaga kebersihan lingkungan. Kebersihan tangan sangat memegang peranan penting, karena tangan kita berpeluang menularkan virus, ketika tidak sengaja tangan telah menyentuh virus. Maka disarankan agar sering-sering mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun., atau dengan sanitizer sehingga virus tersebut tidak lama bertahan di tangan kita. Selain itu, menjaga etika bersin, atau bagi penderita flu batuk agar memakai masker, sehingga dapat mengurangi peyebaran virus ke orang lain. Demi berjaga-jaga, meskipun tidak sedang terkena gejala flu dan batuk, diharapkan kita memakai masker untuk aktifitas di luar rumah. Menjaga kekebalan tubuh dengan makan makan bergizi juga penting agar virus tidak mudah masuk. Dan yang terpenting adalah doa agar Tuhan menjauhkan virus dari kita.

Jangan Mudah Percaya Berita Hoax

Banyak berita-berita yang beredar di masyarakat baik melalui media sosial atau jejaring sosial, ada kalanya justru malah meresahkan dan membuat semakin cemas. Maka kita harus cerdas sebagai nitizen. Tidak mudah percaya, dan tidak membagikan berita-berita yang meragukan. Jadi tetap tenang, namun waspada dan menjaga diri.

Dampak COVID-19 Bagi Perekonomian Kita

Adanya himbauan untuk lockdown ataupun lebih baik dirumah aja, tentu mempengaruhi perekonomian kita. Aku sendiri merasa takut juga walau hanya sekedar berbelanja di pasar atau supermarket. Bertemu banyak orang, atau memegang uang saja, kadang takut. Tentu manusiawi, asal tidak berlebihan.  Antisipasinya adalah dengan segera mencuci tangan setelah memegang sesuatu yang mungkin juga dipegang banyak orang seperti uang. Aku jadi berpikir, bagaimana dengan jika pasar  atau toko-toko sepi pembeli? Entahlah… rakyat jelata ini tak tau juga solusinya. Saya sendiri yang bekerja dibidang katering makanan yang mayoritas pelanggannya untuk para wisatawan dari luar kota, sangat merasakan dampak COVID-19. Tak ada wisata, order nasi box pun tak ada. Pembatalan pemesananpun harus dimaklumi juga. Tetap mendukung himbauan  pemerintah untuk dirumah aja,  demi mengurangi penyebaran virus.

Tetap tenang, tapi waspada, semoga COVID-19 segera berlalu.

Info Harga Nasi Box Jogja

Posting Komentar

0 Komentar