Lotisan Bareng Sahabat



Lotisan Mempererat Persahabatan

Siang itu, aku berkumpul dengan beberapa teman. Sebelumnya memang tujuannya untuk suatu keperluan yaitu mengambil suatu barang titipan.  Kemudian ada usul dari seorang teman,  silaturahmi sekalian lutisan. Bagiku, asyik juga lutisan, kumpul-kumpul, cerita ngalor ngidul. Dan yang pasti murah meriah juga. Haha… ini nih emak sosialita pinter berhemat…

Ternyata hanya dengan lotisan yang biayanya murah, bisa juga mempererat hubungan persahabatan. Tak harus pergi ke mall bareng, atau kumpul di resto mahal. Cukup di rumah dan lotisan saja. Haha.. Sebenarnya yang terpenting moment kebersamaan dan silaturahminya sih, lotisan hanya pelengkap acara kumpul-kumpul.

Kebetulan kami adalah para emak-emak yang juga memiliki usaha masing-masing. Jadi bisa sekalian sharing tentang usaha,  tentang bagaimana mengembangkan usaha, sambil jualan juga sih, gak cuma ngerumpi doank. So, moment lotisannya berguna juga.

Sebelum aku lanjut cerita, jangan-jangan ada yang gak tau istilah lotisan. Kalau kamu orang asli Jawa, pasti udah tau ya… Jadi lotisan adalah dari kata lotis. Bahan lotis adalah buah-buahan yang masih muda bahkan berrasa asam. Dipotong-potong dan dimakan  dengan cara dicolekkan ke sambal lotis. Rasanya mantap. Lotisan adalah kegiatan makan lotis bersama-sama.



Bahan:
Buah muda (mangga, nanas, ketimun, papaya, bengkoang dan apa aja sesuai selera) dikupas dan dicuci lalu dipotong-potong

Bumbu sambal lotis:
Gula jawa
Cabe
Kencur
Air asem jawa
Sedikit garam

Cara membuatnya:
Haluskan semua bumbu lotis, beri sedikit air. Umumnya sambal lotis kental, tidak cair ya… Kalau yang sambalnya cair itu namanya rujak. Perbedaan lotis dan rujak ada pada sambalnya dan juga cara mengiris buahnya. Untuk lotis, buahnya di potong agak besar, sedangkan untuk rujak buahnya dicacah kecil.

Mudah, kan bikin lotis? Kalau kepedhasan, ambil kerupuk buat ngilangin pedhasnya… hehe.. Sensasi lotisan ini bagiku pedhes tapi sedap.. haha..

Kapan kamu lotisan bersama sahabatmu? Temukan kebersamaan didalamnya. Dan yang jelas jangan ngerumpiin berita hoax ya... hehe





Posting Komentar

0 Komentar