Resep Sayur Lodeh Kreasiku

Buka puasa dengan sayur lodeh? Mengapa tidak? Sayur bisa diolah menjadi masakan yang basah dan kering. Yang kering, biasa disebut oseng, orek maupun tumis. 

Dan untuk yang basah, adalah sayur yang berkuah. Kuah sendiri, bisa berasal dari santan maupun air biasa.  Untuk kuah bersantan ada bermacam-macam nama yang diberikan, seperti sayur lodeh, gulai, opor, bumbu terik, dan masih banyak lagi. Sedangkan olahan sayur berkuah air bening, misalnya soto, sop, sayur asem.


Bagi saya, olahan masakan tersebut adalah warisan leluhur. Karena siapa penemu macam-macam jenis olahan sayur tersebut, sampai sekarang juga tidak tahu. Yang jelas, sejak kecil, ibu saya sudah sering mengolah sayur dengan aneka masakan yang saya sebut diatas.

Kali ini, saya ingin berbagi resep sayur lodeh. Sayur berkuah santan,yang sudah tidak asing di telinga kita. Bahkan untuk di Jawa Tengah, sayur yang mudah dibuat ini sudah populer, tentunya sebagai masakan rumahan.  Bahkan sekarang, muncul restauran-restauran yang menyediakan sayur lodeh sebagai pelengkap menu yang disediakannya.

Ketika kita sedang bosan  dengan menu-menu modern, sayur lodeh bisa jadi pilihan untuk menemani buka puasa. Kembali ke tradisi, dan olahan rumahan. Makan sayur lodeh, serasa kembali ke masa lalu.


Isian dari sayur lodeh, tergantung selera, bisa nangka muda, kacang panjang, terong. Apa saja sesuai selera. Tapi kali ini, saya ingin berbagi resep sayur lodeh kacang panjang, yang juga saya tambahi dengan irisan tahu. Ini adalah resep turun temurun. Saya sendiri belajar dari ibu.

Resep Sayur Lodeh Kacang Panjang
 
foto: dok.pri

Bahan:
200 gr Kacang panjang
6 potong Tahu
500 ml Santan
Minyak goreng untuk menumis bumbu

Bumbu:
5 siung Bawang merah
2 siung Bawang Putih
2 butir Kemiri
1 butir tomat kecil
1 sdt ketumbar bubuk
2 Daun salam
1 potong jari Lengkuas
1 sdt Garam (secukupnya)
1 sdm Gula pasir
Penyedap rasa jika suka.

Cara membuatnya:

1. Siapkan kacang panjang yang telah dipotong-potong dan dicuci bersih. Siapkan pula tahu yang telah dipotong sesuai selera
2. Tumbuk halus bawang merah, bawang putih, kemiri, dan ketumbar
3. Panaskan minyak goreng secukupnya untuk menumis bumbu yang telah dihaluskan
4. Setelah tercium bau harum, tuang santan
5. Masukkan daun salam dan lengkuas
6. Tunggu sampai kuah santan mendidih, dan aduk pelan, jangan sampai santan menjadi pecah, karena ini dapat mengurangi kegurihan atau rasa dari santan tersebut.
7. Setelah mendidih, masukkan kacang panjang dan tempe, irisan tomat.
8. Masukkan garam, gula, penyedap jika suka.
9. Tunggu hingga, kacang panjang dan tempe menjadi empuk dan matang
10. Sayur lodeh siap dinikmati.

foto: dok.pri


Sayur lodeh diatas, berasa gurih dan tidak pedas. Jika kamu menginginkan rasa yang pedas. Maka tambahkan lombok sesuai selera dan tumbuk bersama bumbu. Namun, jika sayur lodehnya pedas, maka tidak perlu memakai ketumbar bubuk. Dan bisa ditambahai dengan sedikit ebi kering.

Baca Juga: Resep Menu Praktis
Foto: dok. pri


Nah, itu resep sayur lodeh ala saya dan keluarga. Mudah dibuat, praktis, enak lagi. Selamat mencoba teman-teman…

Baca Juga: Info Harga Nasi Box Jogja Terbaru

Posting Komentar

0 Komentar