Cerdas Menyikapi Promo Belanja Online

Image result for promo online
facebook

Hari gini, butuh apa aja, udah ada di genggaman. Si mungil smartphone bisa memenuhi apapun yang kita mau. Tinggal klik, tersedia banyak aplikasi sesuai kebutuhan. Konsumen benar-benar terasa dimanja. Cukup tengok aja isi dompet atau saldo rekening yang ada, dan barang yang diinginkan akan datang ke rumah kita.

Pasar online seolah menjadi buruan para konsumen, yang tidak punya waktu atau malas pergi ke luar rumah. Jika bisa mudah, mengapa tidak? Barangkali begitu alasannya. Persaingan sesama penjual onlinepun tak terelakkan. Perang promo demi menjaring pembeli.

Berbicara tentang promo. Sebenarnya setiap saat penjual, baik offline maupun online, sering melakukan itu, tentunya agar penjualan semakin laris manis. Maka dari penting bagi kita untuk menjadi konsumen yang cerdas, yang bisa memilah mana yang paling kita butuhkan diantara banyaknya tawaran promo.

Promo belanja online yang begitu menggoda di marketplace maupun di media sosial seperti facebook atau instagram. Dari sisi harga  yang terkadang lebih murah dibanding toko atau pasar offline, itu sungguh menggiurkan.  Lalu bagaimana cara mengatasi, agar kita tidak terjebak dengan promo yang begitu memikat itu?

Sebelumnya, terlebih dahulu kita kenali, macam-macam promo yang sering ada. Diantaranya adalah:
1. Beli 1 Gratis 1
Bagaimana tidak tergiur? Bayarnya satu dapatnya dua. Jika memang kita membutuhkan, tidak masalah jika kita membelinya. Namun jika hanya merasa sayang karena ada gratisan. Yakinkan dulu, barang tersebut kita butuhkan atau tidak? Lebih baik, abaikan jika ternyata barang kurang bermanfaat.
 
2. Beli jumlah tertentu, dapat potongan harga
Ini sebenarnya normal. Apalagi bagi resseler. Tapi, untuk keperluan pribadi, perlukah kita memborong barang hanya karena potongan harga? Jika kita, menampung atau menyimpan barang tersebut, perlu dipertimbangkan apakah barang tetap memiliki kualitas yang bagus jika didiamkan dalam waktu lama. So, harus pandai memilah ya.
3. Beli dengan batasan waktu yang telah ditentukan, dapat diskon khusus atau harga khusus.
Batasan waktu kadang membuat pembeli tidak berfikir cerdas. Alasannya hanya karena mumpung diskon, jadi terburu-buru tanpa melihat seberapa penting barang itu.  
 
4. Gratis Ongkir
Pelayanan gratis ongkir, sering menjadi daya tarik tersendiri. Konsumen yang merasa dimanja, tidak dikenakan tambahan biaya. Yang perlu diperhatikan, apakah harganya masih standar? Jika sudah lebih tinggi dibanding harga umum, berarti penjual sudah memasukkan ongkir ke dalam harga.
5. Hadiah menarik untuk pembelian produk
Terkadang, kita membeli sesuatu, karena tertarik dengan hadiahnya. Barang yang dibeli kadang juga tak sesuai yang diinginkan. Rasanya kok gak cerdas banget ya… Kalau kita menginginkan hadiahnya saja, kenapa gak langsung beli barang yang seperti hadiah itu. Kamu pernah mengalami gitu juga gak?
6. Undian bagi pembeli yang beruntung
Manusia memang suka berandai-andai. Tiba-tiba dapat rejeki nomplok. Belanja banyak bukan untuk memenuhi kebutuhan, tapi untuk dapat kupon, lalu berpeluang dapat menang undian. Semoga kita begitu ya, teman. Menginginkan sesuatu, ya dari hasil kerja, bikan dari menang undian.

Mungkin masih ada yang belum saya sebut. Bolehlah teman-teman tambahin di kolom komentar. Yang pasti apapun bentuk penawaran promo selalu menjanjikan kebaikan bagi konsumennya. Namun benarkah demikian?

Ada sih, produsen, toko, atau penjual, yang memang ingin benar-benar cuci gudang, dan menghabiskan stock. Tentunya agar barang cepat habis, dan ganti dengan yang baru, maka hargapun dibanting serendah-rendahnya. Namun barang yang murah, benarkah masih memiliki kualitas yang bagus? Kamu jawab sendiri aja deh.

Hal dibawah ini, bisa menjadi pertimbangan agar tidak terjebak promo belanja online:
1. Perhatikan dengan cermat dan teliti, bahan, ukuran, warna, dan hal lain yang lebih spesisfik
2. Penting melihat review dari pembeli mengenai kredibilitas toko online, pelayanan, kualitas barang, complain, pengiriman dari toko tersebut.
3. Harga sering alat untuk promo hebat. Dengan memperlihatkan seolah harga murah, dapat barangnya bagus. Nah, maka itu penting juga membandingkan harga. Logikanya jika harga selisih banyak dengan harga normal, patut dipertanyakan kualitasnya.

Dan, akhirnya semoga kita menjadi konsumen yang cerdas dan tidak kalap dengan pesona promo online. 

Baca Juga: Harga Nasi Box Jogja Terbaru


Posting Komentar

0 Komentar