Cara Menghilangkan Jerawat Tanpa Obat


Image result for acne
foto: verywell health

Jurus jitu atasi jerawat

Adakah cara yang mudah untuk mengatasi jerawat? Jadi suatu hari anak saya yang masih remaja, tiba-tiba di wajahnya muncul jerawat. Awalnya cuma satu, dua. Dia tidak begitu mempermasalahkan pun dengan saya sebagai ibunya. Jerawat satu, dua, saya anggap biasa dan normal untuk anak seusianya.

Namun, apa yang terjadi setelah hampir seminggu didiamkan? Eh ternyata, jerawatnya meski kecil-kecil mulai terlihat memenuhi wajahnya. Sontak saja, saya khawatir. Jerawat itu tumbuh di pipi, dahi, dagu, juga diatas bibirnya. Anaknya sih santai aja. Mungkin karena laki-laki dan belum terlalu mengenal arti penampilan. Dia cuek-cuek aja. Malah saya sebagai emaknya yang galau, melihat muka si anak yang tampak kotor dengan jerawat yang tumbuh semaunya.

Saat itu, saya tidak kepikiran untuk memberikan obat-obat jerawat yang dijual umum dipasaran. Saya juga belum mengambil tindakan untuk memeriksakan kulitnya ke dokter. Yang saya lakukan hal-hal sederhana, yang natural atau alami saja. Meskipun pada akhirnya saya memintanya untuk mengoleskan cream pelembab di wajahnya. Dan beruntung perawatan yang saya anggap hanya asal-asalan itu, membuahkan hasil. Jerawat, mulai mengering, dan semakin lambat pertumbuhannnya. Dan tidak sampai sebulan, jerawatnya tidak tumbuh lagi. Apa sih yang saya lakukan untuk mengusir jerawat itu? Simak tips saya berikut ini ya…
 
Tips mengatasi jerawat
1. Rutin membersihkan muka sebelum tidur dan setelah bangun tidur
2. Memberikan cream pelembab yang cocok untuk wajah setelah dibersihkan, 2 x sehari.
3. Dua hari sekali, 1 x mengompres wajah, dengan air rebusan daun sirih. Agar airnya meresap, saya suka menempelkan daun sirih yang sudah direbus di bagian wajah yang banyak jerawat. Jika tidak ditempelkan, lakukan seperti mengusap dengan tisu. Dengan pelan-pelan dan halus. Daun sirih mengandung antiseptik, sehingga kuman atau bakteri yang ada di jerawat, akan mati, lalu jerawatpun akan mengering.
4. Sesekali saya juga membuatkan masker mentimun. Bahkan terkadang, saya hanya mengiris mentimun itu, lalu saya meminta si anak, untuk mengoleskannya di wajah.
5. Saya juga menjaga makanannya dengan tidak memberikan makanan instan apalagi yang banyak mengandung MSG. Selain itu, saya memintanya untuk tidak makan banyak makanan berminyak, seperti gorengan atau kacang-kacangan.
6. Lebih banyak memberikan sayuran.
7. Saya juga melarang untuk memencet jerawat agar tidak terjadi scar.
8. Saya melarangnya untuk sedikit-sedikit memegang wajah. Apalagi pada jerawatnya. Bisa jadi, tangan yang tanpa disadari tidak higienis, bisa memperparah jerawat.

Nah, itu tips menghilangkan jerawat ala saya buat anak remaja. Simple, praktis, murah, dan mudah. Yang penting harus telaten. So, bye bye jerawat.







Posting Komentar

0 Komentar