Cara Membuat Cilok Kenyal Dan Gurih


foto: dok.pri
 Cilok. Dulu, jajanan ini lebih sering ditemui di sekolah-sekolah dasar. Mungkin semula sasaran jualnya anak kecil. Kini, cilok juga sering di jual di pinggir sekolah SMP atau SMU. Sering juga terlihat penjual cilok mangkal di tempat-tempat strategis dengan menggunakan gerobak.
Ternyata penyuka makanan ini tak hanya anak-anak. Orang-orang dewasapun menyukainya. Contohnya saya. Hehe… 


Saya mengenal rasa dan melihat penjual keliling cilok sudah sejak lama. Awalnya saya membelinya di penjual keliling di desa saya. Makanan berbahan tepung ini sangat cocok dimakan dengan sambal saos dan kecap. Ditusuk ciloknya, celupkan di sambal saos, nikmati selagi masih hangat. Uhh mantapp. Jadi ngiler nih… hehe…

Seiring dengan berjalannya waktu, penjual cilok semakin menjamur di Jogja, tempat tinggal saya. Bahkan tetangga sayapun juga ada yang sekeluarga menjadi penjual cilok. Mungkin, melihat peluang dan pasar yang bagus disini. Jadi, cilok sangat mudah saya dapatkan. Saya juga sering melihat tetangga yang sedang membuat cilok untuk dagangannya. Maka, tidaklah sulit untuk  mencoba membuatnya sendiri.
Nah, kali ini saya mau berbagi resep cara membuat cilok. 

Baca juga: Info Wisata Jogja

Cara Membuat Cilok Kenyal dan Gurih


Foto: dok.pri

Bahan:
200 gram Tepung terigu
100 gram Tepung tapioka
1/2 sdt Soda kue
3 sdm Minyak goreng
200 ml Air hangat atau secukupnya

Bumbu:
4 siung Bawang putih
2 butir Kemiri
1 sdt Ketumbar atau mrica (bisa pilih salah satu sesuai selera)
1 sdm Garam atau secukupunya
Penyedap rasa jika suka
Daun bawang

Foto: dok.pri


Cara membuatnya:
1. Haluskan bawang putih, kemiri, ketumbar atau mrica dan garam.
2. Campur tepung terigu, tepung tapioka, soda kue. Masukkan bumbu yang telah dihaluskan.
3. Beri penyedap rasa dan rajangan daun bawang
4. Campur dan uleni bahan-bahan-bahan diatas, sambil tuangkan air panas sedikit demi sedikit.
5. Bentuk adonan menjadi bulat-bulat kecil
6. Siap air untuk merebus cilok
7. Air untuk merebus, beri pula 3 sdm minyak goreng agar cilok tidak lengket.
8. Setelah air mendidih, masukkan cilok satu persatu.
9. Tunggu sampai matang. Sekitar 45 menit.
10. Angkat dan tiriskan cilok yang telah matang
11. Cilok siap dinikmati.

foto: dok.pri

Kamu mau mencoba juga?

Posting Komentar

0 Komentar