5 Tips Gaya Hidup Sehat Ala Saya


Saya adalah orang yang simple. Sejujurnya, saya menjalani kehidupan dan aktivitas sehari-hari dengan cara apa adanya, dan sewajarnya saja. Jadi, jika untuk memberikan jurus jitu gaya hidup sehat selayaknya dokter atau ahli gizi, pastinya saya tidak bisa. Karena pekerjaan saya tukang masak. Hahaa.. Namun jika hanya berbagi tips sederhana gaya hidup sehat ala saya, bisa disimak dibawah ini.

5 Tips Gaya Hidup Sehat Ala Saya

Makan bergizi dan teratur

Untuk makan sehari-hari, saya lebih sering memasak sendiri di rumah.  Keluarga kecil saya, lebih suka makan di rumah dari pada makan di luar. Malah terkadang, saya yang minta untuk makan di luar, ketika  bosan di rumah.  Kan ingin ganti suasana juga.

Kami terbiasa dengan makan teratur, kayak minum obat. Sehari tiga kali, pagi, siang, sore. Karena sudah rutin seperti itu, jika kebetulan saya  terlambat makan, ada saja organ tubuh yang  protes, entah ngelu leher, kening pusing, atau perut melilit.

Jadi bagi saya, nakan bergizi, tidak harus mahal dan mewah.  Menu yang murah sederhana juga bisa mengandung gizi. Nasi, aneka sayuran, lauk nabati seperti tempe atau lauk hewani seperti ayam atau ikan-ikanan. Saya kira harganya masih terjangkau. Untuk buahnya, kita bisa jeli melihat harga, jadi makan buah disesuaikan dengan musim, pasti harganya bisa rendah. JIka bisa hemat kenapa tidak? Mamak pinter nih hehe

Menghindari banyak cemilan

Saya tidak menyediakan banyak cemilan di rumah. Itu lebih  baik, untuk menghindari tubuh makin mengembang. Mengingat keluarga saya yang memang memiliki riwayat gemuk. Ibaratnya makan sedikit saja, tetap gemuk. Saya sih sebenarnya penasaran, jika melihat teman saya yang bernama Mba Leni. Meskipun dia sudah mempunyai anak, tetap saja badannya ramping. Kapan-kapan mau saya todong tipsnya.

Tidur Cukup

Beruntung saya dan anggota keluarga lainnya, termasuk orang yang mudah tidur. Jadi, untuk urusan tidur, kami bisa melakoninya sesuai aturan kesehatan yaitu delapan jam. Tidur yang cukup dan teratur memang diperlukan untuk keseimbangan aktivitas dan istirahat.  Dengan tidur yang cukup, maka dapat melepas lelah, dan mendapatkan kesegaran kembali saat bangun.

Beraktivitas Fisik

Sejujurnya saya ingin mengatakan bahwa rutin berolahraga adalah cara yang sangat bagus untuk menjaga kesehatan.  Namun untuk saat ini saya, belum bisa menjalankannya dengan teratur. Jadi, saya lebih suka mengatakan beraktifitas fisik. Maksud saya adalah ketika kita melakukan aktivitas fisik seperti pekerjaan rumah, bagi saya itu sudah termasuk berolahraga.

Berkomunitas

Bagi saya, berkomunitas juga menjadi salah satu tips gaya hidup sehat. Ketika saya sedang suntuk, mengikuti kegiatan komunitas menjadi cara refreshing yang paling manjur. Makanya, perlu kita bergabung dengan beberapa komunitas, untuk menjalin pertemanan. Kita bisa gabung ke grup tentang hobi yang sama, grup sekolah, atau grup yang berhubungan dengan dengan pekerjaan kita. Sehingga kita tidak akan pernah kesepian.

Itu tips dari saya, jika kamu mau menambahkan, isi di kolom komentar yaa..






























































































































































































































Posting Komentar

0 Komentar