10 Alasan, Kenapa Saya Menulis di Blog

Foto: Pixabay.com


10 Alasan, Kenapa Saya Menulis di Blog

Sejak masih sekolah dasar, saya sudah menyukai pelajaran bahasa Indonesia, khususnya mengarang. Saya juga suka fiksi seperti puisi atau cerpen. Masih ingat, saya sering membaca cerpen yang ada di majalah Kartini, Femina, dan  Gadis. Semua itu saya baca, di rumah tetangga yang berlangganan.
Padahal seharusnya, sebagai anak SD bacaanku adalah majalah anak-anak, bukannya majalah orang dewasa. Hehe… Terlintas di benak, bagaimana ya cara menulis yang kemudian bisa dimuat di majalah atau koran. Tapi, faktanya saya tidak pernah mengirim karya ke media cetak. Yang jelas, karena nggak pede.  Kala itu, belum ada media online juga… ketahuan tua gue.. hihi…

Sampai kemudian kemajuan tehnologi berkembang pesat, ada internet, muncul media online, dan lain-lain. Dari, yang awalnya cuma baca-baca, akhirnya beberapa tahun yang lalu, saya memberanikan diri mengirim fiksi, puisi atau cerpen ke blog umum yaitu kompasiana.  Padahal, sebelumnya saya sangat tidak percaya diri, takut jelek, takut tidak ada yang mau membaca, dan bla bla bla... Tetapi kemudian saya mengabaikan perasaan itu. Mau ada yang membaca atau tidak, tidak  kupikirkan lagi, yang penting menulis, dan berani mempublikasikan.

Semenjak  itu, aku mulai bergabung ke komunitas-komunitas menulis di facebook. Hal itu tentu untuk menambah semangat, dan sebagai sarana belajar juga. Keasyikan menulis di Kompasiana, membuat saya tidak ingin menulis di blog pribadi. Hingga akhirnya ada beberapa alasan, yang membuat saya menulis di blog pribadi, meskipun masih  yang gratisan, hehe…

10 Alasan, Mengapa Saya Menulis  Blog:

1.      Untuk Berjualan

Awalnya, saya memang membuka blog www.rejekinasibox.blogspot.com  ini untuk berjualan. Selain sebagai ibu rumah tangga, saya juga membuka usaha katering nasi box. Melalui blog, saya menulis beberapa artikel tentang jualan. Sekarang blog ini, tidak saya fokuskan di jualan, tetapi lebih ke cerita tentang kuliner, wisata, dan kisah  pengalamanku saja. Dan untuk   berjualan, kini  saya fokus di www.nasiboxjogja.id

2.     Berbagi Pengetahuan/informasi

Sekarang jamannya internet. Jika kita ingin menginginkan informasi apapun, terkadang lebih dahulu searching di internet dari pada bertanya langsung secara offline. Misalnya, saya ingin belajar memasak, bikin kue dan lainnya. Atau ingin membeli sesuatu, ingin pergi ke suatu tempat. Bahkan ketika ingin memecahkan masalah. Lebih mudah mencari infomasinya di internet. Nah, jadi keberadaan blogger menjadi sangat penting. Makanya salah satu alasan saya menulis blog adalah ingin berbagi informasi, sekecil apapun itu, yang penting beritanya benar dan tidak hoax. Bisa menjadi amal jariyah juga, kan…hehe

  3. Pengganti Buku Diary

      Saya bisa menulis tentang kejadian sehari-hari di blog bukan di buku harian seperti dulu. Asal nggak lebay n alay saja. Sedikit cerita curhat nggak apa sih, syukur-syukur sekaligus menyelipkan solusinya. Siapa tahu, berguna juga untuk orang lain. Sehingga, selain membaca cerita kita, ada moral ceritanya juga.

4.    Mengabadikan Kenangan

Dengan menulis di blog, saya bisa mengabadikan kenangan. Misalnya, ketika saya liburan di suatu tempat. Jika tidak dicatat, kisah pengalaman kita juga akan lenyap bersama waktu. Terlupakan begitu saja. Lalu, ketika ada seseorang bertanya tentang tempat tersebut, kita hanya bisa mengatakan. “ Dulu saya pernah kesana, tapi saya lupa seperti apa.” Tentu akan berbeda, jika kita menuliskannya di blog, tinggal kita buka, kita bisa bercerita kembali.

     5.   Menasehati Diri Sendiri

Lebih baik introspeksi diri, sebelum  menasehati orang lain. Ketika saya menulis kejadian diri sendiri maupun orang lain, kita bisa belajar dari kisah itu. Apa yang bisa kita lakukan jika mengalami hal yang sama. Kita bisa menulis ini untuk mengingatkan dan memperingatkan diri sendiri. Siapa tahu itu bermanfaat pula untuk orang lain.

6.      Menjalin Relasi

Dengan memiliki blog, maka kita akan bertambah relasi. Banyak teman se-Indonesia. Meskipun terkadang, hanya saling sapa di dunia maya. Banyak teman, banyak saudara, banyak rejeki. Bisa jadi benar. Rejeki tak melulu berujud materi, kan…

7.      Ngeblog Bisa Dilakukan Kapan Saja

Menulis bisa dikerjakan kapan saja, sesukanya atau sebisanya. Berbeda dengan pekerjaan kantoran yang musti pergi pagi pulang sore.. Jadi,  tak ada terikat. Paling mentok, hanya ikatan hari, terkadang ketika kita sedang mendapat pekerjaan menulis review suatu produk, ada batasan waktu. Tapi, waktunya tidak dalam waktu singkat. Sehingga masih bisa sambil mengerjakan pekerjaan rumah.

8.      Bisa Dilakukan di Rumah

Menulis bisa dilakukan di rumah. Sehingga bisa sambil  mengerjakan pekerjaan rumah ataupun momong anak,  mengurusi suami. Intinya aktivitas rumah tangga lancar, ngeblogpun tetap bisa dijalankan.

9.      Menambah Penghasilan

Ngeblog bisa untuk menambah penghasilan. Terkadang ada perusahaan yang meminta untuk direview. Bisa juga dengan mengikuti blog competition. Siapa tau beruntung.  Atau jika blog popular, banyak pengunjungnya, bisa juga di pasang adsense, so kita bisa gajian tiap bulan. Hehe…

  10.  Ngeblog Tak Kenal Usia

Tak perlu takut di pension. Ngeblog sampai tua tidak ada larangan.  Menulis bukanlah pekerjaan menggunakan fisik yang terlalu banyak.  Yang penting, tidak pikun dan masih bisa berpikir sehat. Justru semakin tua, bisa jadi tulisan kita akan semakin bagus.

Jadi, begitu alasan saya menulis di blog. Semoga menginspirasi bagi yang belum memiliki blog. Bagi yang sudah mempunyai blog,  alasan kamu apa? Tambahkan di kolom komentar yaa…


Komentar

Postingan populer dari blog ini

ASRI WIJI KATERING NASI BOX JOGJA

NASI BOX MENU SEBULAN DI JOGJA WA 0896 0359 7904